Sabtu, 11 Februari 2012

Danau Vostok: Kapsul waktu Antarktika yang telah berusia 15 juta tahun

Setelah 20 tahun pengeboran, ilmuwan Rusia akhirnya mencapai sebuah danau kuno terkubur di bawah 2 kilometer dari es. Apakah itu yang ditunggu?

Pada tahun 2006 seorang laki-lki di kamp penelitian Vostock Antartika : Para pene have finliti telah menyelesikan pengeboran kutub es 2 mil hingga mencapai danau sub-glacier purba. Photo: REUTERS/Handoutpenel

Gambar seorang laki-laki di kamp penelitian Vostock di Antarktika pada tahun 2006: Para peneliti melakukan pengeboran es kutub 2 mil hingga mencapai sub-gletser purba.

Setelah lebih dari 20 tahun pengeboran, ilmuwan Rusia telah akhirnya membuka saluran vertikal ke Danau Vostok, sebuah danau air tawar kuno yang terkubur selama setidaknya 15 juta tahun di bawah lebih dari dua mil es kutub. Ini adalah salah satu kapsul waktu terbaik bumi kita yang harus Anda ketahui:




Bertahan. Mereka melakukan pengeboran selama dua dekade?

Benar. Pengeboran dimulai pada 1989 - sebelum para ilmuwan bahkan bisa mengkonfirmasi keberadaan danau 160-mil panjang - dan "berlangsung lambat karena kekurangan dana, kerusakan peralatan, masalah lingkungan, dan dingin yang parah," kata Vladimir Isachenkov untuk Associated Press. Jadi itu hanya beberapa hari lalu, kata Andrea Mustain di Scientific American, bahwa "es coring bor tim berhasil menembus lapisan cair es di bawah lapisan es besar dan mencapai segar, air danau cair."


Anehnya!. Suhu permukaan di stasiun Vostok, dimana peneliti bekerja, adalah di antara "yang paling dingin yang pernah tercatat di Bumi," mencapai negatif 128 derajat Fahrenheit, kata Isachenkov. Tapi danau bawah air itu sendiri diyakini hangat, berkat "tekanan raksasa dari kerak es dan di bawahnya energi panas bumi."


Ini semua tentang prospek penemuan kehidupan baru yang beum tersentuh. Jika ada kehidupan di danau, yang sudah tertutup dari seluruh dunia selama jutaan tahun. "Ini seperti menjelajahi planet lain, tetapi sebenarnya masih di planet kita," kata Robin Bell AP dari Columbia University. Memang, pengeboran bisa menjadi pelopor berharga untuk operasi pertambangan potensial di planet lain, dan telah menjadi "pengetahuan emas untuk belajar tentang kondisi yang mungkin di bulan Jupiter Europa atau bulan Saturnus, Enceladus," yang juga tertutupi dalam lapisan es tebal, kata Marc Kaufman di washinton post.


Belum tentu. "Upaya panjang telah mendapat kontroversi atas beberapa bahan kimia dan teknik yang digunakan dalam pengeboran," kata Kaufman. Beberapa ilmuwan khawatir bahwa "kemurnian" Danau Vostok bisa terkontaminasi dengan beberapa bahan kimia yang digunakan dalam pengeboran, termasuk minyak tanah dan Freon.


Pengeboran dimulai pada 1989 - sebelum para ilmuwan bahkan bisa mengkonfirmasi keberadaan danau 160-mil panjang - dan "berlangsung lambat karena kekurangan dana, kerusakan peralatan, masalah lingkungan, dan dingin yang parah," kata Vladimir Isachenkov untuk Associated Press. Jadi itu hanya beberapa hari lalu, kata Andrea Mustain di Scientific American, bahwa "tim bor es-coring berhasil menembus lapisan cair es di bawah lapisan es besar dan mencapai segar, air danau cair."